Tutiorial Cara Belajar Yang Efektif Untuk Para Siswa di Era Milenial


Tutiorial Cara Belajar Yang Efektif Untuk Para Siswa di Era Milenial

Belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan siswa sehingga mampu mengetahui apa yang belum diketahui sebelumnya. Belajar adalah expositions dari tidak tahu menjadi tahu. Namun yang perlu kalian ketahui bahwasanya belajar tidak hanya dilihat dari kemampuan intelektual siswa.

Selama ini sebagaian penilaian menganggap seorang siswa bisa dikatakan pintar atau tidak, berbakat atau tidak, berprestasi atau tidak berdasarkan kemampuan akademik atau nilai-nilai yang didapatkan di ujian atau di rapornya, padahal belajar sejatinya lebih dari itu.

Yang mesti kalian pahami adalah nilai rapor, nilai UAS, nilai USBN/UNBK bukanlah satu-satunya tolok ukur kesuskesan seorang siswa.

Dimensi belajar sendiri di bagi tiga aspek, yakni belajar dalam hal kogntif dimana seorang siswa mengalami perubahan dan segi kemampuan intelektualnya, misalnya saja siswa yang sebelumnya tidak lancar berhitung namun setelah belajar akhirnya menjadi lancar dalam berhitung.

Selanjutnya ada juga expositions belajar dalam ranah afektif. Belajar dalam ranah afektif adalah suatu bentuk belajar dimana seseorang siswa mengalami perubahan dari segi sikap atau perilakunya, misalnya saja siswa yang dulunya sopan setelah belajar akhirnya menjadi lebih sopan, siswa yang sebelumnya kurang percaya diri namun setelah belajar akhirnya menjadi lebih percaya diri.

Dan ranah belajar selanjutnya adalah belajar dalam aspek psikomotor, belajar dari segi psikomotor adalah perubahan seorang siswa dari segi keterampilan. Misalnya saja siswa yang sebelumnya tidak terampil berbicara akhirnya menjadi terampil berbicara atau misalnya siswa yang sebelumnya tidak terampil olahraga namun setelah belajar akhirnya menjadi termpil dalam berolahraga.

Jadi merupakan sebuah kekeliruan jika kalian sebagai siswa lantas menganggap diri kalian tidak berbakat, tidak berprestasi, tidak cerdas hanya karena kalian sering mendapatkan nilai yang tidak memuaskan saat di sekolah, lantas kalian menganggap diri kalian tidak bisa untuk sukses, pola pikir tersebut sebenarnya keliru.

Coba kalian melihat orang-orang sukses saat ini, secara kasat mata banyak sekali orang yang bisa sukses dengan berbagai profesi yang ada. Ada atlit pemain bola bisa mendapatkan penghasilan milyaran rupiah perminggu karena keterampilannya dalam bermain bola (aspek psikomotor), banyak orang yang bisa sukses menjadi anggota DPR, Bupati, Gubernur dll karena memiliki kemampuan bersikap yang baik/berperilaku yang baik sehingga orang bersimpati memilihnya untuk menjadi pemimpin sehingga mampu sukses dalam karirinya.

Ada pula orang yang dengan kecerdasannya/kemampuan intelektualnya (aspek kognitif) bisa sukses menjadi penemu, ilmuwan sehingga mampu menghasilkan uang yang banyak.

Jadi apa yang bisa kalian cerna dari tulisan di atas? Untuk bisa sukses sebenarnya sangat tergantung dari cara belajar kalian atau bagaimana kalian mempersepsikan (sudut pandang) kalian terhadap sesuatu.

Belajar juga jangan diartikan hanya sebatas kegiatan di dalam ruangan kelas saja. Belajar cakupannya sangatlah luas, ketika kalian misalnya naik sepeda dengan kencang dan terburu-buru kemudian jatuh maka disitu kalian juga akan belajar bahwa ternyata jika naik sepeda secara kencang dan tergesa-gesa bisa berisiko mengalami kecelakaan. Sehingga muncul dalam benak kalian untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut maka hal tersebut juga bisa katakan belajar.

Ketika kalian pulang terlambat dari sekolah karena singgah bermain dan baju kalian kotor lantas Ibu kalian marah kepada kalian, disitu juga kalian sebenarnya sedang belajar bahwa jika pulang terlambat dan baju kotor bisa membuat kalian dimarahi, sehingga muncul dalam benak kalian untuk tidak mengulangi maka hal tersebut juga bisa katakan belajar.

Lalu bagaimanakah cara belajar untuk siswa yang efektif diera milineal setelah kalian telah mengetahui dimensi-dimensi belajar. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian aplikasikan atau terapkan dalam keseharian kalian agar bisa menjadi pribadi-pribadi yang sukses di time milineal.

Tutiorial Cara Belajar Yang Efektif Untuk Para Siswa di Era Milenial

1. Berpikiran terbuka (Liberal)

Liberal atau memiliki pikiran yang terbuka, maksudnya adalah kalian harus mampu menyesuaikan cara berpikir kalian dengan perubahan zaman, harus mampu menerima perubahan yang ada dan bersinergi supaya mampu tetap tegar dalam prubahan hidup yang begitu dinamis.

Dalam period milineal usahakan untuk mempelajari banyak hal, mempelajari hal-hal yang critical yang bisa menopang atau membantu karir kalian untuk sukses kedepannya. Jangan karena kalian merasa pada saat itu tidak membutuhkan ilmu tersebut lantas tidak mempelajarinya, karena bukan tidak mungkin suatu saat nanti kalian akan sangat membutuhkan ilmu tersebut. Jadi seorang siswa tidak boleh rakus selain rakus akan ilmu.

2. Temukan design

Seperti yang telah dipaparkan di atas bahwasanya banyak orang bisa sukses dan menjadi kaya raya namun dengan profesi berbeda, jadi jangan karena kalian melihat teman kalian bisa sukses Karena menjadi pengusaha lantas membuat kalian juga ikut-ikutan untuk menjadi pengusaha walaupun sebenarnya tidak memiliki expertise untuk menjadi pengusaha dan alhasil bukannya kalian suskes malahan menjadi bangkrut.

Atau jangan karena teman kalian bisa suskes dan berhasil karena menjadi seorang olahragawan lantas kalian memaksakan diri kalian menggeluti hal yang sama namun alahasil kalian tak mampu mencapai apa yang kalian inginkan.

Maksud dari narasi tersebut bahwa kalian tak perlu menjadi seperti oranglain untuk sukses, kalian hanya perlu menjadi diri sendiri. Yang mesti kalian lakukan adalah menemukan design kalian, yang perlu kalian lakukan adalah membaca apa bakat dan minat yang kalian miliki.

Setelah kalian mengetahui dalam hal apa kalian memiliki potensi maka selanjutnya kalian hanya perlu mengasah expertise dan kemampuan kalian sehingga bisa mengantarkan kalian kepada puncak kesuksesan dalam karir kalian.

3. Kolaborasi

Cara belajar yang efektif diera milineal selanjutnya adalah belajar secara berkelompok atau berkolaborasi, belajar secara berkelompok/kolaborasi memiliki beberapa kelebihan.

Kelebihan belajar secara kelompok mampu memunculkan kemampuan social (maksudnya kemampuan untuk berinterkasi dan bekerjasama), membangun hubungan social, memunculkan banyak ide dan gagasan, bisa betukar pikiran.

Seperti yang kita ketahui beberapa perusahaan bisa sukses dan berjaya karena dirintis oleh beberapa orang secara kolaboratif. Sebuah ungkapan mengatakan berat sama dipikul ringan sama dijinijing, ungkapan tersebut menyiratkan bahwasanya peranan kerjasama/kolaborasi sangat penting dalam tujuan mencapai apa yang kalian inginkan.

4. Belajar di period milineal

Bagaiman cara belajar di time milineal? Belajar diera milineal saat ini compositions belajarnya tidak hanya berpatokan di sekolah saja, namun saat belajar bisa dilakukan berbasis on the web.

Belajar online sebenarnya juga terhitung cukup efektif dan efisien karena kalian tidak perlu lagi untuk jauh-jauh ketempat kursus, belajarnya bisa dimana saja dan kapan saja.


0 Response to "Tutiorial Cara Belajar Yang Efektif Untuk Para Siswa di Era Milenial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel