Biografi RA Kartini, Pejuang Emansipasi Wanita Masa Penjajah Kolonial Belanda

 Pejuang Emansipasi Wanita Masa Penjajah  Biografi RA Kartini, Pejuang Emansipasi Wanita Masa Penjajah

Biografi RA Kartini, Pejuang Emansipasi Wanita Masa Penjajah - RA Kartini berasal dari Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Bernama lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat yang merupakan salah satu pahlawan wanita bangsa Indonesia yang memperjuangkan tentang hak-hak perempuan dimasa penjajahan kolonial Belanda.


Dan pada kesempatan ini kami akan mencoba mengulas tentang Biografi R.A. Kartini Singkat saja. Ini mungkin karena kemampuan pengetahuan sejarah kami yang tidak begitu luas, sehingga tidak mampu mengungkapkan secara detail tentang Biografi RA Kartini Lengkap.

Biografi ibu Kartini memang ada banyak dituliskan. Hal ini mungkin disebabkan karena beliau sosok perempuan yang memiliki keberanian untuk berjuang dimasa penjajahan.

Ibu kartini merupakan sosok perempuan yang punya andil dan berjasa dalam perjuangan masa penjajahan.

Ini dibuktikan Ibu Kartini menjadi salah satu pahlawan wanita Indonesia. Beliau merupakan wanita bangsawan dan terdidik. yang memiliki harapan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan.

Di masa penjajahan wanita memang sangat tertindas dan tidak dihormati. Wanita dimasa penjajahan tidak mendapatkan pendidikan yang layak dan cendrung diabaikan mengenai pendidikan.

Pada kenyataannya peran wanita mendidik anak-anak dalam keluarga, mengurus suami, membantu pekerjaan suami, memperhatikan kesehatan keluarga hingga mengurus semua kebutuhan yang diperlukan dalam keluarga.

Berdasarkan hal tersebut, wanita memang harus mendapatkan pendidikan yang layak untuk menanggani pekerjaan yang dihadapinya pada kehidupan sehari-hari.

Secercah harapan muncul ketika masa penjajahan dengan perjuangan RA Kartini yang memperjuangkan pendidikan untuk wanita.

RA Kartini atau ibu kita kartini memang memiliki kecerdasan, kemampuan berfikir dan pemberani sehingga apa yang dilakukan ketika itu memberikan dampak besar bagi wanita.

Berikut Biografi RA Kartini atau ibu kita Kartini, pahlawan wanita Indonesia yang patut dikenang sepanjang masa.

Biografi RA Kartini

Nama asli : Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat

Nama terkenal : Raden Adjeng Kartini

Tempat lahir : Jepara Jawa Tengah

Tanggal lahir : Senin, 21 April 1879

Zodiac : Taurus

Wafat : 17 September 1904, Kabupaten Rembang

Ayah : Raden mas Adipati Ario Sosroningrat

Ibu : M.A Ngasirah

Garis keturunan : Hamengkubuwono VI

Warga Negara : Indonesia

Agama : Islam

Pasangan : K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat

Anak : Soesalit Djojoadhiningrat

Dikenal karena : emansipasi wanita

Riwayat RA Kartini dimasa Kecil

Biografi RA Kartini belum terasa lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui mengenai riwayat RA Kartini dimasa kecil.

Dalam cacatan sejarah RA Kartini ra kartini lahir di Mayong, Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879. Tanggal kelahiran RA Kartini menjadi peringatan "Hari Kartini" di Indonesia.

Anak dari pasangan Raden mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan seorang bupati Jepara dan M.A Ngasirah yang merupakan putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono yang merupakan seorang master agama di Telukawur, Jepara.

Jika ditelusuri dari ayahnya silsilah keturunan tersambung hingga sampai Hamengkubuwana VI. RA Kartini merupakan keturunan ningrat atau bangsawan Jawa.

Karena beliau dilahirkan dengan darah dan keturunan ningrat sehingga dirinya mendapatkan gelar Raden Ajeng. Kemudian setelah beliau menikah, gelar berubah menjadi Raden Ayu.

Biografi RA Kartini Tentang Pendidikan

RA Kartini menjalan pendidikan di Europese Lagere School hingga umurnya 12 tahun. Europese Lagere School beliau belajar bahasa Belanda.

Setelah itu RA Kartini harus menjalani adat istiadat Jawa ketika itu yaitu "dipingit". Berdasarkan kebiasaan masyarakat ketika itu, anak perempuan harus tinggal dirumah.

Pernikahan RA Kartini

RA Kartini menikah dengan Bupati Rembang yaitu K.R.M Adipati Ario Singgih Djoji Adhiningrat pada usia 24 tahun, tepatnya pada tanggal 12 November 1903.

Setelah menikah RA Kartini berkeinginan untuk mendirikan sekolah wanita yang berada di pintu gerbang perkantoran rembang.

Pada tanggal 13 September 1904, RA Kartini dikaruniai seorang putra bernama Soesalit Djojoadhiningrat .

Namun pada hari keempat setelah melahirkan, di usia 25 tahun, Kartini meninggal. Beliau dikebumikan di Desa Bulu, Rembang.

0 Response to "Biografi RA Kartini, Pejuang Emansipasi Wanita Masa Penjajah Kolonial Belanda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel